Menginap di Hotel Majapahit Surabaya, Kamarnya Terluas di Asia Tenggara

Ingin mencoba akomodasi super nyaman dan bersejarah? Hotel Majapahit tempatnya!

sumber : Anggit Rizkianto on Unsplash

Siapa yang tak ingat heroiknya kisah perobekan bendera Belanda yang memicu berkobarnya Pertempuran Surabaya? Rupanya peristiwa tersebut terjadi di sebuah penginapan yang sampai saat ini masih megah berdiri dengan nama Hotel Majapahit. Hotel ini pertama beroperasi pada tahun 1911 sebagai Hotel Oranje. Didirikan oleh Sarkies Bersaudara, konglomerat perhotelan. Hotel yang gedungnya menjulang tinggi saat itu sedang digandrungi. Pamornya tersebut menjadikannya sebagai pilihan akomodasi bagi kalangan elite Belanda yang berkunjung ke Surabaya. Penambahan dua sayap bangunan yang bergaya art deco juga dirayakan secara meriah. Pihak hotel menghadirkan nama besar seperti Pangeran Leopold III asal Belgia, Putri Astrid dari Swedia, dan komedian legendaris Charlie Chaplin!

Saat kekuasaan Belanda di nusantara digantikan oleh Jepang, namanya berubah menjadi Yamato Hoteru ( Hotel Yamato ) untuk kemudian difungsikan sebagai markas militer Jepang. Melalui insiden perobekan bendera oleh pemuda Surabaya pada tanggal 19 September 1945, nama hotel ini tercatat dalam buku sejarah Indonesia.

Dengan usianya yang sudah lebih dari 100 tahun, hotel ini masih mempertahankan keaslian arsitekturnya. Masih banyak benda-benda tua dan koleksi foto para pesohor dunia terpasang. Hotel ini mengemas sejarah sebagai daya tarik utamanya. Saksi perjuangan arek-arek Surabaya dalam peristiwa Perobekan Bendera Belanda berupa tiang bendera pun masih berdiri dengan tegak.

Di tengah hotel, taman terbuka yang rindang dengan pepohonan besar seakan menjadi oase di tengah cuaca Kota Surabaya yang terkenal terik. Keunikan bangunan juga menjadikan Hotel Majapahit kerap dijadikan lokasi pengambilan gambar film, contohnya adalah Tenggelamnya Kapal Van der Wijck ( 2013 ). 

Yang menjadi idola hotel ini ada tipe kamar presidential suite, luasnya 806m². Wow! Di kamar Presidential Suite ini terdapat ruang pertemuan yang luas, kamar tidur utama yang mewah, dapur, sampai kamar mandi yang luas dan super mewah. yang diklaim sebagai kamar hotel terbesar di Asia Tenggara. Kisaran harganya mencapai 35 juta rupiah per malam!

Tertarik memperoleh pengalaman menginap yang tidak biasa? Datanglah ke alamat hotel ini di Jalan Tunjungan No.65, Surabaya!

sumber : flickr_steve mollman

Penulis: Fadhil Wiyoto

Penyunting: Nadin Himaya