Monumen Kapa Selam, Warisan Kejayaan Maritim Indonesia

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau disingkat Monkasel merupakan sebuah museum kapal selam yang terletak di pusat Kota Surabaya. Tepatnya di sebelah pusat perbelanjaan Modern Delta Plaza Surabaya. Monkasel ini sebenarnya kapal selam KRI Pasopati 410 milik Angkatan Laut Republik Indonesia. Salah satu kapal yang diberikan Rusia kepada Indonesia pada masa kepemimpinan Presiden Pertama Republik Indonesia Bapak Ir. Soekarno pada tahun 1952 silam. Dulunya kapal selam ini berperan penting dalam menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia, sehingga Monkasel ini sering disebut sebagai warisan senjata maritim. Pada tahun 1998, Monkasel ditetapkan sebagai situs cagar budaya Indonesia oleh pemerintah Kota Surabaya untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen Kapal Selam ini adalah satu-satunya dan pertama yang ada di Asia Tenggara.
Sebagai Monumen Kapal Selam terbesar di Asia, Monkasel Surabaya bertujuan sebagai tempat wisata sejarah sekaligus objek pelestarian warisan negara. Monkasel ini memiliki lebar hanya 6,30 meter, membuat ruangan dalam monumen terasa sangat sempit. Sehingga pengunjung bisa merasakan hawa sempit dan mencekap seperti yang dirasakan para kru ketika bertugas dulu. Untuk menjelajah semua ruangan di Monkasel, wisatawan harus sedikit membungkuk saat melewatinya. Di dalam Monkasel terbagi menjadi tujuh ruangan. Pertama memasuki Monkasel, wisatawan akan melihat Ruang Haluan Torpedo yang sebagai tempat penyimpanan torpedo. Menuju ruangan kedua, wisatawan bakal menemukan Ruang Komandan sebagai tempat istirahat komandan dan pejabat kecil. Di ruangan ketiga, terdapat banyak fungsi vital seperti pusat pengendalian, informasi tempur, dan eksekusi serangan torpedo. Ada juga ruangan yang berfungsi sebagai ruang makan, dapur, dan tempat tidur. Lalu pada ruangan kelima dan keenam ada Ruangan Mesin Diesel dan Kamar Mesin Listrik. Terakhir, ada Ruangan Torpedo untuk bagian buritan dan berisi dengan 2 buah torpedo.

Ruang Komando
Wisatawan juga bisa mengunjungi ruang videorama untuk melihat pemutaran film dokumenter tentang KRI Pasopati 410. Durasi film cukup singkat hanya sekitar 15 menit, namun wisatawan bisa mendapatkan sedikit gambaran betapa gagahnya KRI Pasopati 410 sebagai simbol kejayaan maritim Indonesia. Bagaimana Sobat Sukaria, tertarik untuk mengunjungi Monkasel Surabaya?
Hargai perjuangan pahlawan di masa silam dengan cara mengunjunginya ya. Terdapat banyak spot foto yang dapat diambil dan juga kaya akan nilai sejarah untuk menambah pengetahuan.