THE STORY OF DIENG

Dieng Culture Festival

Anindya sedang menikmati keindahan Telaga Warna

Keelokan Dataran Tinggi Dieng atau Plato Dieng merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di ufuk timur. Plato Dieng merupakan objek wisata bersejarah yang paling terkenal di Indonesia. Terletak di Provinsi Jawa Tengah dan berada di dua wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Untuk menuju ke Dataran Tinggi Dieng dapat diakses melalui beberapa jalur namun yang paling efektif dan efisien adalah melalui Wonosobo. Bisa dicapai sekitar 1,5 jam perjalanan bila menggunakan kendaraan pribadi tapi tidak dapat dilalui dengan bus yang berukuran besar. Dikarenakan jalan berkelok dengan aspal yang tak lagi mulus.

Kabut tebal menyelimuti kawasan Dataran Tinggi Dieng. Diapit oleh bukit-bukit yang diselingi lembah dan jurang yang curam. Dihiasi oleh tumbuhan dan semak-semak dengan hawa dingin menjadikan pemandangan alam yang elok untuk memberikan perasaan tenang. Jurang yang ada di kanan kiri jalan membuat wisatawan harus ekstra hati-hati dalam memacu kendaraan. Objek wisata Plato Dieng ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Potensi pariwisata di Dataran Tinggi Dieng cukup kuat baik dalam lingkup regional, nasional, maupun internasional. Mengingat pada kawasan tersebut berupa perpaduan dari beberapa keajaiban alam dan peninggalan sejarah. Pelaksanaan tradisi keagamaan yang sering diselenggarakan oleh masyarakat serta budaya dan kuliner menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Dieng Culture Festival

Plato Dieng sudah menjadi tempat wisata yang memiliki sejarah dan legenda yang cukup banyak. Konon, Dieng merupakan negeri para dewa-dewa. Kata Dieng berasal dari gabungan dua kata Bahasa Kawi yaitu “di” yang berarti tempat atau dataran tinggi dan “hyang” bermakna dewa. Artinya tempat untuk pemujaan para dewa dengan macam-macam ritual karena banyak bukti-bukti yang bisa ditemukan di kompleks Candi Arjuna.  Candi ini merupakan candi terbesar yang berada di Plato Dieng. Biasanya para wisatawan berkunjung ke candi ini untuk melihat langsung budaya Dieng secara lebih mendalam. Karena Candi Arjuna merupakan lokasi dilaksanakannya acara tahunan Dieng Culture Festival. Tak hanya Candi Arjuna saja yang menjadi objek wisata di Kawasan Dieng namun masih banyak yang bisa dikunjungi untuk sekadar mencari ketenangan jiwa dengan melihan keindahan alam di Dieng.

Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Dieng bersama Bersukaria?